Minggu, 02 Oktober 2016

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele Murah dan Sederhana

pakan alternatif lele
pakan alternatif lele
Cara membuat pakan Alternatif lele murah dan sederhana, Masalah yang sering dihadapi para peternak ikan lele adalah pakan. Beberapa peternak lele sering mengeluhkan mahalnya harga pakan yang tidak sebanding dengan harga jual. Lalu bagaimana solusinya? Buat pakan alternatif sendiri! Caranya? Baca artikel ini sampai selesai..

Sebelum membahas cara membuat pakan lele, Anda harus tahu bahwa
sebaik-baiknya pakan lele harus mengandung:

  * Protein,
  * Lemak
  * Karbohidrat,
  * Vitamin,
  * Mineral

*Fungsi protein* ialah sebagai sumber energi paling utama. Protein yang dibutuhkan lele sangat tinggi yakni sekitar 35% dari total berat pakan.

*Fungsi lemak* juga sebagai sumber energi yang penting untuk melarutkan vitamin tertentu, serta untuk menjaga keseimbangan ikan dalam air. Lemak yang dibutuhkan dalam pakan seberat 4% hingga 5% dari total berat pakan, jangan sampai berlebihan, karena justru dapat menyebabkan ikan hilang nafsu makan.

*Fungsi Karbohidrat* selain sebagai nutrisi juga menjadi perekat dalam proses pembuatan pakan ikan lele. Jumlah kandungan karbohidrat yang dibutuhkan dalam pakan berkisar antara 4% hingga 6%. kebutuhan

*Fungsi vitamin* memiliki peranan sangat vital, yakni untuk mempertahankan daya tahan tubuh ikan. Kebutuhan vitamin dalam tubuh lele akan mengalami penurunan seiring pertumbuhannya.

*Fungsi mineral* sangat penting untuk membentuk struktur tulang serta menjaga metabolisme pencernaan ikan lele. Dengan memahami kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ikan lele, hal ini akan membantu Anda
mempermudah cara membuat pakan lele yang tepat. 

Berikut Ini 5 Cara Membuat Pakan Lele


*1. Cara Membuat Pakan Lele Pengganti Pelet*

Pakan alternatif sebagai pengganti pakan utama berupa pelet dapat Anda buat dari tepung ikan. Tapi, tepung ikan memang tergolong mahal, oleh karenanya Anda dapat menggunakan bahan lain yang kadar protein dan
gizinya sama-sama tinggi dan harganya lebih murah seperti tepung tapioka, dedak halus, tepung jagung dan lain-lainya.

Cara membuat pakan lele alternatif juga harus menyesuaikan standar tumbuh dan berkembangnya ikan lele. Berikut tabel kadar protein dan lemak yang dapat Anda gunakan sebagai acuan pembuatan pakan lele alternatif.

*Bahan*     *Protein*     *Lemak*
Tepung Tapioka     2,6     2,6
Dedak Halus     15,58     6,8
Tepung Jagung     10,40     0,53
Bungkil Kelapa     18,46     15,73
Tepung kedelai     36,6     14,30
Tepung Ikan     62,99     8,4

Sebagai contoh jika anda ingin membuat pakan lele dari campuran 50 kg tepung ikan (protein 62.9) dengan 50 kg bungkil kelapa (protein 18.46), campuran tersebut sudahkah memenuhi kebutuhan protein ikan lele?

  * Total protein pada tepung ikan = 62,9% x 50 kg = 31,45 kg
  * Total protein pada tepung ikan = 18,46% x 50 kg = 9.23
  * Jumlah total protein keduanya = 40,68

Artinya dari jumlah berat bahan baku 100 kg diperoleh protein 40,68 atau 40,68% protein dari adonan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa protein dari adonan tersebut sudah mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh lele, karena kandungan protein untuk pakan lele minimal 30% protein. Untuk memperkaya nutrisi, Anda dapat menambahkan vitamin ikan yang dijual dipasaran.

    2. Membuat pakan lele tambahan


Pakan tambahan untuk untuk lele bertujuan sebagai pelengkap pakan utama.Kandungan nutrisi pada pakan tambahan tidak dapat diukur dengan tepat, namun masih dapat di perkirakan kadar nutrisinya.

Cara membuat pakan Alternatif lele murah dan sederhana Dengan Azolla

pakan alternatif leleAzolla Microphylla
pakan alternatif leleAzolla Microphylla
Cara membuat pakan alternatif pakan tambahan dengan azolla microphylla
azolla microphylla dapat menggantikan pakan pelet sebesar 30 % , apbalila  bila anda menggunakan pakan utama pelet, lain halnya jika anda tidak menngunakan pelet, anda bisa meramu sendiri campuran yang di perlukan dari bahan yang mengandung karbohidraang mengandut seperti jagung, dan yang megandung protein hewani seperti bekicot dan yang lainnya, yang paling penting adalah gizi ikan tercukupi, azolla microphylla mengandung prot ein sebesar 30 %, anda bisa mencampur dengan bahan bahan yang lain sesuai dengan kebutuhan ikan.dengan asumsi penggantian pakan azolla 30 persen dan pemberian pelet 70 persen, nah kalau meramu sendiri anda bisa menghitung sendiri campuran karbohidrat dan protein hewaninya.
  1. Azolla microphylla bisa di berikan secara langsung dalam bentuk segar yang diambil dari kolam budidaya azolla. 
  2. Azolla microphylla di buat fermentasi, bisa dengan campuran bekatul, tetes tebu dan pembuat fermentasi lainnya seperti Em4 anda bisa membuat sendiri EM4.   fermentasi azolla apabila di diamkan dalam rentang waktu 3 - 5 hari akan menghasilkan belatung yang bisa di gunakan sebagai tambahan pakan dengan protein hewani yang bagus.
  3. azolla microphylla bisa di buat pelet sendiri dengan komposisi selera anda.
pakan alternatif lele keong
pakan alternatif lele keong
Pakan tambahan dapat menekan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk pakan utama. Sehingga Anda dapat menikmati keuntungan yang lebih banyak. Berikut pakan lele tambahan yang dapat diberikan;

Cara Membuat Pakan Lele Dengan Limbah Peternakan unggas Anda dapat memanfaatkan bangkai ayam, bebek atau unggas-unggas lianya sebagai pakan lele, karena ikan lele juga termasuk hewan karnivora.

Ini Lah Cara Membuat Pakan Lele Alternatif
Cara Membuat Pakan Lele dari Limbah Peternakan Unggas

Agar terhindar dari penyakit yang terbawa dari bangkai tersebut, bangkai unggas sebaiknya jangan di berikan langsung ke kolam lele. Bangkai harus di rebus dahulu dalam drum besar, supaya kuman penyakit mati. Setelah direbus dinginkan terlebih dahulu, jika sudah dingin barulah diberikan ke kolam lele pada hari itu juga.

Pemberian pakan dapat dengan cara digantung dan dicelupkan di dalam kolam, setelah habis kerangka diangkat supaya tidak menimbulkan sampah dalam kolan lele.

Cara Membuat Pakan Lele Dengan Keong mas atau bekicot


Keong mas pada sebagian tempat merupakan hama bahkan sering menjadi wabah bagi para petani padi. Namun, yang perlu Anda ketahui keong mas memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pakan tambahan. Hewan ini sangat mudah ditemukan pada area persawahan apa lagi waktu musim hujan.

Ini Lah Cara Membuat Pakan Lele Alternatif
Cara Membuat Pakan Lele dari Bekicot

Cara pemberian pakan lele dengan keong mas ini tidak ubahnya dengan unggas diatas. Anda harus merebus keong tersebut dengan air yang sudah mendidih selama 5-10 menit. Selain untuk membasmi kuman penyakit,
perebusan bertujuan untuk mempermudah pelepasan cangkang pada keong mas. Daging keong mas sebaiknya didinginkan duhulu kemudian dicincang  hingga kecil barulah diberikan pada ikan lele.

Cara Membuat Pakan Lele Dengan Belatung

Cara membuat pakan Alternatif lele murah dan sederhana belatung juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan lele. Terlebih lagi belatung yang berasal dari lalat(/hermitiaillucens/). Belatung dari lalat jenis ini mengandung protein kasar sebanyak 40% dan berdasarkan penelitian BBPBAT, belatung sangat baik untuk pakan tambahan lele.

Ini Lah Cara Membuat Pakan Lele Alternatif
Cara Membuat Pakan Lele dari Belatung

Bagaimana cara mendapatkan belatung ini? Mudah saja, Anda hanya cukup menyediakan ember, ampas tahu, daun pisang, ikan asin dan kotoran ayam. Masukan ampas tahu kedalam ember, dicampur dengan air bersih secukupnya, kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya masukan ikan asin dan kotoran ayam, terahkir tutup menggunakan daun pisang supaya di kerumuni lalat hitam /black soldier fly /yang ahirnya nanti bertelur dan menjadi belatung. Taruh di tempat yang teduh supaya tidak kehujanan.

Butuh waktu 2 hingga 3 minggu supaya belatung berkembang dan layak dijadikan makanan tambahan untuk lele. jangan menyimpan belatung segar terlalu lama karena dapat menjadi lalat kembali. Dari 100 kg media dapat menghasilkan sekitar 60 kg belatung.

Cara Membuat Pakan Lele Dengan Ikan rucah


Ikan rucah merupakan ikan kecil sisa hasil tangkapan yang biasanya tidak dikonsumsi oleh nelayan. Ikan ini banyak di jual di pelelangan ikan dengan harga sangat murah. Ikan rucah pada umumnya tidak banyak
mengandung tulang dan duri, sehingga tidak perlu di olah atau di rebus terlebih dahulu untuk makanan tambahan lele. ikan ini cukup dicincang kemudian diberikan pada ikan lele.

Ini Lah Cara Membuat Pakan Lele Alternatif
Cara Membuat Pakan Lele dari Ikan Rucah

Nah demikianlah yang Cara Membuat Pakan Lele Alternatif yang dapat kami berikan untuk Anda. Semoga dapat memberi manfaat untuk Anda semua.


1 komentar: